Amancio ortega

Wow, Kekayaan Pemilik Merek Fashion Zara ini Hampir 1000 T

FOKUSBISNIS.COM, NEWYORK – Amancio Ortega, namanya memang tidak cukup familiar. Namun ternyata, menurut pemeringkatan yang dilakukan oleh Bloomberg, pemilik nama ini mampu mengalahkan Warren Buffett sebagai orang terkaya kedua di Dunia.

Pada posisi pertama masih ditempati oleh Bill Gates dengan jumlah harta mencapai US$ 85,50 miliar atau berkisar antara Rp 1.137,15 triliun (estimasi kurs: Rp 13.300 per dolar AS).

Mengutip CNBC, Rabu (10/6/2015), pria yang memiliki nama lengkap Amancio Ortega Gaona ini memiliki kekayaan mencapai US$ 71,50 miliar atau senilai Rp 950,95 triliun.

Ia adalah pendiri grup fashion Inditex yang terkenal dengan merek Zara. Merek pakaian dan aksesoris bagi wanita kelas premium ini mampu membukukan penjualan US$ 19,7 miliar pada 2014 lalu.

Kekayaan Ortega sebenarnya saling berkejaran dengan kekayaan dari Warren Buffet yang saat ini menempati posisi sebagai orang terkaya ketiga. Buffett memiliki harga US$ 70,2 miliar atau senilai Rp 933,66 triliun.

Dalam kajian Bloomberg, Buffett sebenarnya bisa berada di posisi nomor 2 jika dirinya tidak menjadi seorang filantropis. Namun karena pendiri perusahaan pengelola keuangan Berkshire Hathaway tersebut sering membagi-bagikan hartanya kepada orang yang membutuhkan maka posisinya tergeser. (tan)