17882_photo

WNA Boleh Punya Properti di Indonesia Tapi Dilarang Menyewakan

Fokusbisnis.com, Jakarta – Untuk menghindari warga negara asing (WNA) memiliki properti di Indonesia namun tidak memiliki izin tinggal, maka WNA diharuskan mengurus izin tinggal terlebih dahulu. Properti yang dimiliki asing tersebut juga tidak diperkenankan disewakan kepada pihak lain.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional Ferry Mursyidan Baldan menegaskan, WNA harus mengurus izin tinggal sebelum diperbolehkan memiliki properti di Indonesia.

“Jangan sampai mereka (WNA) hanya dengan alasan punya properti (di Indonesia), seolah-olah tidak perlu mengurus izin tinggal,” kata Ferry, Sabtu (22/8).

Lebih lanjut menurut Ferry, jika tidak ditinggali, maka WNA harus melepas haknya dengan menjual apartemen. “Jangan sampai apartemen dibeli orang asing, dia tinggal di luar negeri, lalu apartemennya disewakan ke rakyat kita. Itu nggak boleh,” terangnya.

Bagi WNA yang tidak lagi menghuni apartemen tersebut diharuskan untuk melepas haknya dengan menjual apartemen tersebut.

Ferry juga mengatakan apartemen tersebut boleh diwariskan, asalkan ahli warisnya berada di Indonesia. “Ketika WNA meninggal, (kepemilikan properti) itu tidak hilang, tapi bisa diwariskan kepada ahli waris, sepanjang ahli warisnya tinggal di Indonesia,” ungkapnya. (ekt)