Vey

Veronica Ratna Ningrum. Sukses Cetak Omset Ratusan Juta dari Kursus Bahasa Inggris

Fokusbisnis.com, Jakarta – Sukses membangun bisnis memasarkan produk perbankkan ke beberapa perusahaan besar tak membuat Veronica Ratna Ningrum puas. Terlebih melihat kurangnya penguasaan bahasa Inggris untuk anak-anak, menariknya membuka usaha kursus bahasa Inggris. Dengan mendatangkan pengajar orang asing dan menerapkan pendekatan psikologis anak, kursus bahasa Inggris yang diberi nama Liberty English Classs ini sukses menarik banyak orang belajar bahasa Inggris. Seperti apa Veronica menjalani kedua bisnis yang bisa menghasilkan omset ratusan juta tiap bulan ini?

Memiliki pengalaman bekerja sebagai marketing priority banking di salah satu bank juga sebagai health marketing di rumah sakit menarik lulusan S1 Manajemen Universitas Keristen Indonesia (UKI) Jakarta Veronica Ratna Ningrum mencoba peruntungan membuka usaha jasa marketing banking yang bernaung dibawah payung PT Masterindo Multiguna di tahun 2010 lalu.

Tak puas sukses di usaha marketing, Vey begitu ia disapa menjajal peruntungan di usaha bahasa. Menueutnya masih banyak anak-anak dan yang masih di usia produktif yang tidak menguasai bahasa inggris dengan baik “Keinginan saya mempunyai usaha jasa kursus bahasa inggris agar bisa berperan dalam meningkatkan kemampuan masyarakat berbahasa inggris,” ujar Vey.

Dalam membangun Liberty Engglish Class, Vey menggandeng rekannya Stevano Lutjow yang memang mempunya kemampuan di bidang pendidikan. Wanita lulusan S2 Southern Illinois University Amerika Jurusan Master Business of administration ini mengaku mengeluarkan modal yang lumayan besar untuk membangun usahanya. Tidak kurang dari Rp 250 juta ia habiskan untuk mempersiapkan semua kebutuhan usaha mulai dari sewa tempat, biaya renovasi dan untuk berbagai kebutuhan lainnya.

Pendekatan Psikologis Anak. Pengalaman menjalankan usaha Marketing Perbankan membuat Veronica tahu apa yang harus dilakukan untuk menghadapi persaingan yang ada. Karena itu, ia mencoba membuat metode pengajaran berbeda pada Liberty Engglish Class. Selain mendatangkan pengajar profesional dari luar negeri, Liberty Engglish Class juga mengandalkan metode pendekatan psikologi anak agar bisa mengetahui kondisi siswa khususnya karakter, psikologis, dan lain sebagainya. “Tujuannya agar siswa lebih mudah dalam menerima pelajaran dengan baik,” jelasnya.

Khusus untuk tenaga pengajar, Vey mengaku sangat memperhatikan kualitas mereka. Karena itu setiap pengajar di Liberty Engglish Class pastinya menguasi berbagai kriteria yang ditentukan seperti memiliki pemahaman psikologis dalam mengajar, memiliki keterampilan menguasai materi dan memiliki pengalaman dan sertifikasi mengajar.

Seperti apa Vey mengembangkan usahanya hingga mampu meraih omset ratusan juta tiap bulannya?. Simak selengkapnya di tabloid Wirauasha edisi khusus Lebaran 2015 yang bisa diperoleh di lapak koran terdekat. (dr)