Gerai Pecel Lele Lela yang berlokasi di Jalan Margonda 750

Untuk Usaha Rumah Makan Sebaiknya Badan Usahanya dalam Bentuk PT atau CV?

Konsultasi Usaha Bersama: Hanif L. Nasution SH, LLM

PERTANYAAN:
Sudah tiga tahun saya dan keluarga menjalani bisnis rumah makan, berawal dari warung kecil dan Alhamdulillah sekarang ramai dikunjungi pelanggan. Kami ingin mengembangkan usaha kami secara profesional, kebetulan ada pelanggan yang mau bekerja sama dan bersedia memberikan modal. Tapi saya bingung menentukan badan usaha apa yang tepat untuk mengembangkan usaha kami secara profesional, apakah PT ataukah CV?  (Hidayat Nawawi РDepok, Jawa Barat)

JAWABAN:
Sebelum menjawab pertanyaan Bapak, sebaiknya perlu saya terangkan terlebih dahulu tentang badan usaha. Badan usaha adalah tempat/wadah kerja sama untuk orang-orang atau pengusaha-pengusaha yang mempunyai tujuan tertentu. Badan usaha tersebut ada yang berbadan hukum dan ada yang tidak berbadan hukum. Adapun bentuk-bentuk badan usaha yang berlaku dalam hukum dagang Indonesia yaitu:

  1. Firma;
  2. Commanditaire Vennootschap (CV); dan
  3. Perseroan Terbatas (PT).

Untuk menjawab pertanyaan Bapak perlu diketahui bahwa memang dalam praktik dunia bisnis sehari-hari banyak orang yang menggunakan badan usaha PT dan CV. Tetapi kedua badan usaha tersebut merupakan badan usaha yang berbeda jenis/status hukumnya. Badan usaha PT merupakan suatu badan hukum di mana suatu badan hukum itu lahir karena diciptakan oleh undang-undang. Sedangkan CV bukan merupakan badan hukum.

Oleh sebab itu, PT merupakan bentuk badan usaha yang biasa dipakai dalam dunia usaha di Indonesia.

Selain perbedaan-perbedaan di antara PT dan CV tersebut di atas, masih ada beberapa hal yang membedakan karakter badan usaha tersebut. Hal terpenting pada PT adalah bahwa modal suatu PT itu terdiri dari saham-saham di mana para pemegang sahamnya hanya bertanggung jawab sebatas pada jumlah saham yang dimilikinya. Berbeda dengan CV di mana para pendiri dan pengurusnya bertanggung jawab secara keseluruhan sampai pada harta pribadinya.

Selanjutnya untuk menjawab pertanyaan Pak Hidayat, saya sarankan agar Bapak beserta keluarga dan calon partner kerja Bapak untuk duduk bersama guna mengetahui keadaan, kondisi dan tujuan usahanya. Kemudian samakan dulu visi dan misi usahanya dengan calon partner Bapak sebelum bekerja sama. Setelah itu baru menentukan badan usaha apa yang tepat untuk mengembangkan usaha Bapak.

Adapun tips untuk menentukan bentuk badan usaha yang tepat untuk bisnis/usaha Bapak, adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan besarnya modal usaha yang diperlukan;
  2. Mengetahui atau setidak-tidaknya memperkirakan kelangsungan hidup badan usaha yang akan didirikan;
  3. Menentukan bentuk tanggung jawab terhadap utang-piutang;
  4. Menentukan pimpinan perusahaan yang tepat; dan
  5. Dapat mengetahui keperluan, keinginan dan tuntutan masyarakat.

Perlu saya tambahkan, bahwa realita pelaku bisnis di Indonesia pada umumnya memakai jenis badan usaha PT untuk mengembangkan usahanya, berikut saya berikan gambaran tentang prosedur pendirian PT:

  1. PT didirikan oleh dua orang atau lebih dengan akta notaris;
  2. Setelah membuat akta pendirian, maka akan diproses di Departemen Kehakiman;
  3. Bilamana dalam akta pendirian PT tersebut tidak ada masalah, maka akan disahkan oleh Menteri Kehakiman Rep. Indonesia;
  4. Direksi PT wajib mendaftarkan akta pendirian PT tersebut dalam daftar Perusahaan di mana pendaftaran harus dilakukan dalam jangka waktu paling lama 30 hari setelah pengesahannya tersebut.
  5. PT yang sudah didaftar lalu akan diumumkan dalam Tambahan Berita Negara Rep. Indonesia;
  6. Selebihnya, PT tersebut tentunya sudah dapat dikatakan sebagai suatu Badan Hukum setelah disahkan oleh Menteri Kehakiman.

Jadi melihat tujuan Bapak yang ingin mengembangkan usaha agar lebih profesional, saya sarankan untuk membuat badan usaha dalam bentuk PT. Mengenai tambahan modal  itu relatif sekali jumlahnya, bukan berarti membuat badan usaha dalam bentuk CV lebih murah dibandingkan PT.

Hanif L. Nasution SH, LLM, Praktisi Hukum, Email: ahplaw@dnet.net.id