amran-sulaiman-menteri-pertanian-jokowi-si-peracun-tikus

Timor Tengah Selatan Kekeringan, Baru Menteri Amran Berkunjung

FOKUSBISNIS.COM, KUPANG – Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, Kamis.(2/7) dijadwalkan akan berkunjung ke Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), untuk melihat langsung kondisi kekeringan yang melanda wilayah tersebut.

“Selain itu, Menteri Pertanian juga melihat langsung potensi yang dapat dikembangkan, guna penanganan jangka pendek, menengah dan
panjang,” kata Bupati TTS, Paul V.R Mella yang dihubungi dari Kupang pagi tadi.

Dia mengatakan, masalah kekeringan di TTS terdeteksi di dua kecamatan yakni Kualin dan Amanuban Selatan yang warganya sampai mengkonsumsi pakan ternak.

Menurut Paul, penanganan jangka pendek yang akan dilakukan dan juga telah disampaikan kepada Menteri Pertanian adalah memaksimalkan air bawah tanah (sumur bor), agar masyarakat dapat memanfaatkannya untuk
bercocok tanam.

Menurut Mella, wilayah selatan TTS berdekatan dengan pantai, sehingga sebagian sumber air disana terasa asin. Ini yang akan kita carikan solusi. Penanganan jangka menengah juga akan dirumuskan secara bersama ketika Menteri Pertanian meninjau ke lokasi.

Meski demikian, dia mengakui, Pemkab TTS telah memiliki konsep yang juga telah disampaikan ke pemerintah pusat secara tertulis, yakni pembangunan embung dan juga bendungan di Kali Noemuke.

Salah satu harapan penanganan kekeringan di wilayah selatan adalah, jika bendungan Linamnutu yang telah dibangun sejak lima tahun lalu, namun belum juga rampung hingga saat ini akan memberikan kontribusi
positif terhadap kekeringan di wilayah selatan TTS.

“Bulan ini akan dilanjutkan pembangunan dengan anggaran Rp 146 miliar. Ini tahun masa kontrak selesai, jadi kita harapkan kalau sudah selesai jaringan primer bisa sampai ke Oebelo, sehingga sawah-sawah tidak kekurangan air lagi,” paparnya. (ntt)