2015-06-14 12.10.57

Tetaplah Fokus, dan Hancurkan Hambatan

OLEH : YANT SUBIYANTO

PAGI INI SAYA mengamati pemulung bergulat dengan sampah di tempat sampah besar, pinggir jalan. Tidak terlihat canggung, jijik, menahan bau, dan sebagainya.

Semangat memilah, bongkar plastik, ambil botol dan barang lainnya. Padahal bau sangat menyengat utk ukuran saya, namun dia enjoy tanpa masker.

Menginjak-injak sampah yg mulai busukpun dg pede, tidak risih ataupun jijik, hanya beralas sandal jepit.

Satu tujuannya, dia mendapatkan barang-barang bekas yang bisa dijual lagi. Dan itu adalah uang. Untuk nafkahi tanngung jawabnya. Sehingga hambatan-hambatan yang ditemui, bisa disingkirkan. Fokus.

Belajar dari pemulung itu, jika tidak fokus pada tujuannya, mungkin saja begitu merasa jijik akan membatalkan memilah-milah sampah untuk mengais barang bekas, tidak dapat barang dengan jumlah yang diinginkan, maka menjadi kurang hasilnya.

Pada kontek lain, tujuan apapun yang akan kita capai, baik karir, bisnis, sosial, spiritual, finansial, dan lain-lain, semua memiliki hambatan yg mengancam. Dan membuat gagal.

Maka pilihannya adalah tetap fokus dan singkirkan hambatan atau gagal. Semoga bermanfaat, selamat berkarya positif…

YANT SUBIYANTO,
seorang trainer, dan pimpinan NLP Smart Indonesia. Untuk berkomunikasi, dapat via WA 081226100050 dan email : trainer@yantsubiyanto.com