RI pererat Kerjasama Ekonomi Dengan Pemerintahan Prefektur Aichi

RI Pererat Kerjasama Ekonomi dengan Pemerintah Prefektur Aichi

Fokusbisnis.com, Jakarta – Pemerintah Jepang memuji langkah Indonesia dalam meningkatkan kemudahan berbisinis di Indonesia. Pasalnya Indonesia berhasil membuktikan tren ekonomi positif yang terus terjaga secara nasional. Selain itu, Pemerintah Indonesia dinilai berhasil melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai bidang.

“Pemerintah Indonesia sejauh ini telah melakukan pengembangan sarana prasaran serta perbaikan iklim investasi,” ujar Gubernur Prefektur Aichi Jepang Mr.Hideaki Ohmura saat melakukan courtesy call ke Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Senin (21/82017).

Sebagaimana diketahui, Jepang merupakan salah satu mitra strategis bagi Indonesia. Menurut data statistik Indonesia, pada tahun 2016 nilai total perdagangan Indonesia-Jepang mencapai USD29 miliar, dengan ekspor Indonesia ke Jepang sebesar USD16 miliar dan impor sebesar USD13 miliar. Sedangkan untuk periode Januari-Mei2017 total perdagangan tumbuh 11,28% dengan nilai perdagangan mencapai USD12,8 miliar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyampaikan realisasi investasi dari Jepang ke Indonesia pada tahun 2016 tercatat seesar USD5,4 milair. Sedangkan pada periode Januari-Juni 2017, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat investasi langsung luar negeri dari Jepang sebesar USD2,8 miliar.

“Sepanjang tahun 2017, Jepang juga merupakan penyumbang investasi terbesar kedua setelah Singapura,” ujar Menko Perekonomian.

Dalam upaya peningkatan kerja sama ekonomi, Pemerintah Prefektur Aichi berencana membangun support desk Indonesia. Menanggapi hal itu, Pemerintah Indonesia pun mendukung upaya Pemerintah Prefektur Aichi tersebut.

“Kami mendukung upaya Prefektur Aichi untuk membuka support desk di Indonesia. Saat ini ada beberapa support desk beberapa mitra dagang Indonesia seperti Uni Eropa, Jepang, Korea dan Taipe,” kata Darmin.

Terkait dengan penyelenggaraan Join Innovation Program 2017 pada tanggal 17 Oktober 2017 mendatang, Pemerintah Indonesia menyambut baik rencana yang ada. Dijadwalkan kalangan pengusaha skala besar dan kecil dari Prefektur Aichi akan datang ke Indonesia dan bertemu dengan mitra dari perusahaan Indonesia pada acara Join Innovation Program 2017. (nwi)