PIPIK3

Pipik Diah Irawati : Berhijab Sesuai Ajaran Islam

FOKUSBISNIS.COM, JAKARTA- Dalam beberapa tahun terakhir, fashion hijab berkembang pesat di Indonesia. Hal ini membuat Indonesia menjadi sorotan karena menjadi kiblat fashion muslim dunia. Desainer-desainer muda berbakat pun bermunculan memberikan karya-karyanya yang unik dan fashionable. Salah satunya adalah Pipik Dian Irawati, istri mendiang ustaz Jeffry Al Buchori atau Uje.

“Ya udah pasti banyak perubahan untuk busana muslim. Apalagi Indonesia jadi trendsetter untuk busana muslimah. Dari desainer-desainer muda yang ngedesign baju, meski kita pake hijab tetap ada fashionnya, syar’inya ada. Tidak seperti dulu-dulu orang mengenal hijab. Tapi harus dilihat jangan sampai keluar dari Islam,” ungkapnya.

Sebagai seorang pendakwah, Pipik sangat concern dengan baju-baju muslim yang menutup aurat dan syar’i menurut ajaran agama Islam. Ia bersyukur, kini pasar busana muslim di Indonesia telah memahami konteks ini.

“Alhamdulillah apalagi kalau dilihat dari pasar muslim, banyak sekali baju syar’i. Yang diharuskan ya seperti itu. Tapi kan kita kembali lagi, sebaik-baiknya orang, bagaimana kita ke Allah. Sebenarnya kalau mau bicara syar’i, konteksnya luas. Pergaulan kita sudah syar’i belum, keluarga kita sudah syar’i belum. Konteksnya luas kalau muslim itu,” ujarnya seraya memberi pengertian.

Pipik yang menjadi desainer bagi butik busana muslimnya, juga menerapkan pakem busana syar’i dalam setiap desainnya. “Biasanya orang buka butik keluar dari karakternya. Kalau saya buka butik karena saya suka Islam, ya saya suka yang warna hitam. Kalau yang warna di tempat-tempat lain juga ada. Semua proses, berhijab juga proses,” jelasnya.

Ia pun tak takut menerjang pasar dengan idealismenya yang sesuai tuntunan agama. “Kalau butik yang memunculkan karakter sendiri, saya juga sesuai karakter saya,” tandasnya. (dsy)