Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat

Pengusaha Kadin Diminta Tidak Menyuap Petugas Perizinan Jakarta

FOKUSBISNIS.COM, JAKARTA – Proses perizinan di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) harus bisa melayani masyarakat secara maksimal dan mewujudkan pemerintahan yang bersih dan transparan.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat meminta petugas PTSP seperti layaknya seorang calo. Hanya saja, calo yang tidak meminta dan menerima imbalan dari masyarakat yang membutuhkan pelayanan. “Biar kami yang capek, bapak dan ibu duduk yang tenang saja,” ujar Djarot, saat menghadiri Rapim Kadin DKI Jakarta, di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta Utara (Jakut), kemarin (24/6).

Walau petugas PTSP bekerjanya seperti calo, sambung Djarot, pemohon perizinan juga diminta mengikuti prosedur dan tidak menyuap dengan tujuan mempercepat pegurusan berkas. Sehingga budaya suap di lingkungan birokrasi tidak menjadi tradisi. Jangan sampai petugas malas bekerja lantaran tidak ada suap dari pemohon perizinan.

Petugas PTSP sudah mendapat gaji yang cukup lumayan. Sehingga perlu meningkatkan kinerja. Namun semangat kerjanya harus seperti calo. “Pemohon tinggal duduk tenang saja, dan tidak boleh memberikan uang suap. Biar kami yang wara – wiri mengurus proses perizinan hingga selesai,” tambah Djarot.

Ia juga mengatakan, Pemprov DKI Jakarta ingin meningkatkan kualitas pelayanan. Seperti pelayanan perijinan, transportasi, energi dan komunikasi. “Lebih penting meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kami harap Kadin menjadi motor penggerak ekonomi Jakarta. Banyak bidang yang tidak bisa dikerjakan pemerintah, jadi Kadin dan pemerintah harus bersinergi,” tutur Djarot. (ind)