Ketua Umum Kadin Indonesia

Pengusaha Indonesia dan Polandia Jajaki Kerjasama Bisnis Listrik dan Transportasi

FOKUSBISNIS.COM, JAKARTA – Pemerintah Indonesia tengah menjajaki kerja sama dengan Polandia untuk proyek pembangunan pembangkit listrik dan sistem transportasi perkotaan di Indonesia. Penjajakan kerja sama dengan Polandia ini seiring dengan ketertarikan Polandia untuk berinvestasi pada kedua sektor tersebut di Indonesia.

Indonesia juga telah mengirimkan delegasi yang dipimpin Anggota DPD RI L.M. Rusman Emba bersama Duta Besar RI untuk Polandia, Peter F. Gontha, Dirjen Amerika dan Eropa Kemenlu Dian Transyah Djani dan Ketua Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulistyo ke pabrik Alstom Power, di Kota kota Elblag, Polandia.

Counsellor KBRI Polandia, Roos Diana Iskandar menjelaskan bahwa Alstom merupakan perusahaan pembangkit listrik, transportasi rel, pusat produksi turbin, pengolahan besi baja dan pusat IT kelistrikan. Pabrik Alstom telah berusia lebih dari 150 tahun dan merupakan salah satu industri kereta serta trem tertua di Polandia.

Para delegasi Indonesia itu antusias untuk melihat fasilitas pabrik Alstom dan mendapatkan penjelasan mengenai berbagai hal yang kemungkinan dapat bermanfaat bagi Indonesia apabila bekerja sama dengan Alstom nantinya. Dalam kunjungan tersebut para delegasi Indonesia juga melihat beberapa turbin kecil yang sedang diproduksi Alstom dan dinilai sesuai dengan karakteristik daerah di Indonesia.

Alstom sendiri berminat untuk menjadikan Indonesia sebagai bagian dari global chain support dari perseroan. Selain itu Alstom Power tidak hanya bersedia dalam melakukan pembangunan jaringan listrik di berbagai daerah di Indonesia, namun juga memberikan pendidikan dan pelatihan bagi para insinyur serta mahasiswa dari Indonesia dalam bentuk vocational training fasilitas Alstom Polandia. (dae)