deni daruri

Pengamat Ini Tuntut Keberanian Jokowi Rombak Kabinet

FOKUSBISNIS.COM, Jakarta  – Janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) merombak menteri Kabinet Kerja sepertinya tak terdengar lagi. Jokowi sudah menjajikan merombak Kabinet  Kerja setelah Lebaran. Nyatanya sudah hampir sebulan setelah Lebaran, Jokowi belum juga merombak kabinetnya.

Padahal sejumlah kalangan menilai pencapaian pemerintahan Jokowi selama semester pertama 2015 ini tidak cukup menggembirakan. Sejumlah menteri Kabinet Kerja mendapatkan rapor merah terutama di bidang perekonomian.

Lantaran itu, Presiden Direktur Center of Banking Crisis (CBC) Deny Daruri menyarankan agar Presiden Jokowi segera merombak menterinya. Jokowi diminta menggunakan hak prerogatifnya demi menyelamatkan perekonomian nasional.

“Jangan bimbang dan ragu, presiden perlu mereshufle kabinet. Khususnya para menteri ekonomi. Karena sudah jelas, perekonomian makin amburadul semua,” ungkap Deni di Jakarta, Jumat (07/08/2015).

Menurut Deni, pertumbuhan ekonomi kuartal kedua 2015 hanya mencapat 4,67%, lebih rendah dari kuartal pertama 2015 yang mencapai 4,71%. Angka tersebut juga melenceng jauh dari target awal di atas 5%. Ia pun tidak yakin target pertumbuhan ekonomi hingga akhir tahun bisa mencapai 5,7% , sesuai asumsi APBN-P 2015. (fid)