Roadmap

Pemerintah Bahas Roadmap E-Commerce dalam Rangkaian Kunjungan ke Beijing

Fokusbisnis.com, Beijing – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menerima kunjungan CEO Alibaba Jack Ma usai pertemuan the 3rd High Level Economy Dialogue (HLED) Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT).

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden RI dengan Jack Ma di Hangzhou pada September 2016 lalu terkait usulan penunjukan Jack Ma sebagai anggota advisory kepada steering committee dari Roadmap E-commerce Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara bersama Dubes RI turut mendampingi Menko Perekonomian bertemu Jack Ma yang ditemani Angel Zhao, Vice President Alibaba Group.

Sebelumnya, Menko Darmin pernah berujar, ketika perkembangan teknologi informasi bergerak begitu cepat, Indonesia tidak boleh berhenti menjadi pemakai saja. Melainkan harus bisa menyiapkan infrastruktur untuk mendorong lahirnya bisnis-bisnis pemula (start up). Karena itu, roadmap e-commerce menjadi salah satu perhatian pemerintah.

“Di situlah peran pemerintah dalam mendorong lahirnya pelaku-pelaku bisnis kecil menengah. Meski tingkat kegagalannya cukup tinggi, tapi bagi yang berhasil, dia akan dengan cepat bisa mengkapitalisasi usahanya,” terang Darmin.

Menkominfo Rudiantara mengungkapkan, pertemuan dengan Jack Ma ini membahas pentingnya Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Adanya infrastruktur TIK akan memberikan akses ke seluruh lapisan masyarakat dan penjuru negara. Tak hanya itu, infrastruktur jenis ini juga akan memberikan manfaat yang jauh lebih besar bagi masyarakat di pedesaan maupun Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

“Oleh karena itu, infrastruktur TIK harus dijadikan proses “leap frog” bagi masyarakat pedesaan dan UMKM dalam aktivitas ekonomi baru,” lanjutnya.

Indonesia juga akan segera melakukan transformasi sistem logistik agar pergerakan barang menjadi lebih mudah efisien. Selain itu, sistem pembayaran juga harus menjadi ekosistem strategis dari pengembangan E-Commerce. (nwi)