Close up of a young womans eyes

Mengatasi Vlek Hitam dan Kantung Mata

Konsultasi Kecantikan Bersama: dr. Inneke Halim, SpKK
 

PERTANYAAN:
Dok, wajah saya ada vlek hitam. Bagaimana mengatasi bekas-bekas hitam pada wajah? Kemudian kantung mata saya sering bengkak, bagaimana cara mengatasinya? (Wyda – Jakarta)

JAWABAN:
Vlek hitam bisa diatasi dengan menggunakan produk pemutih dalam bentuk salep, krim dan lotion. Biasanya mengandung hidrokinon, yang dapat bekerja menghambat kerja enzim tirosinase (enzim utama dalam pembentukan melanin), menghambat pembentukan melanin dalam melanosit dan mencegah penurunan melanosom.

Jika penggunaan hidrokinon dikombinasikan dengan asam glikolik atau bahan lainnya, maka penetrasinya ke dalam kulit lebih mudah dan efektif. Kadar hidrokinon yang diizinkan dalam produk yang dijual bebas adalah dua persen. Lebih dari itu (biasanya empat persen) harus menggunakan resep dokter.

Saat pemakaian awal, produk yang mengandung hidrokinon tidak bisa dipakai setiap hari. Dipakainya cukup tiga kali seminggu. Jika sudah dilakukan selama dua minggu dan kulit sudah terbiasa, produk ini bisa dipakai setiap hari. Efek yang mungkin terjadi adalah iritasi kulit ringan, kulit memerah, rasa panas, gatal dan mengubah warna kuku.

Jika kulit Anda sensitif, sebaiknya pilih krim pemutih yang mengandung asam kojik. Asam kojik ini bermanfaat untuk mengatasi kulit yang berjerawat dan aging (menua). Kadar yang diperbolehkan berkisar 1-4 persen. Efek samping yang mungkin terjadi adalah iritasi dan dermatitis kontak (peradangan alergi kulit akut akibat kontak dengan zat kimia atau benda-benda lainnya).

Selain itu, sebaiknya rajin membersihkan wajah menggunakan susu pembersih saat pagi dan malam hari. Lalu bilas wajah dengan air biasa. Anda tak perlu menggunakan produk toner, astringent atau face tonic karena pemakaian yang berlebihan akan membuat kulit wajah bertambah kering. Kecuali jika wajah Anda berminyak maka perlu pakai toner dan astringent. Sebaiknya Anda juga melakukan facial sendiri di rumah. Sebelum di-facial, pastikan kulit wajah Anda sudah lebih dulu dibersihkan menggunakan scrub.

Kantung Mata. Sementara kantung mata yang bengkak bisa timbul karena faktor genetik, kelelahan, iritasi udara, menangis dalam waktu lama dan kurang tidur. Karena itu sebaiknya tidur cukup minimal tujuh jam sehari. Untuk mengatasi kantung mata bengkak, ambil 2 buah sendok makan yang terbuat dari logam. Gunakan bagian cembungnya untuk mengompres mata. Ulangi setiap beberapa menit. Jika sendok sudah tidak dingin lagi, celupkan sendok ke dalam air es. Cara ini dilakukan untuk membantu mengurangi rasa penat di mata Anda.

Cara lainnya adalah melatih gerakan bola mata, memutar bola mata ke satu arah beberapa kali dan kemudian ke arah sebaliknya dengan jumlah putaran yang sama. Bisa juga dengan kompres dengan air dingin atau mengompres mata dengan kantung es yang dilapisi kain lembab. Kompres diulang beberapa kali sampai bengkak menghilang. Selain itu, bisa juga dengan kompres mata menggunakan irisan kentang, mentimun, kantung teh hijau selama 15-20 menit.

Cara modern yang bisa digunakan adalah penyuntikan bagian kantung mata yang bengkak. Namun, cara ini harus dilakukan oleh dokter ahli. Selain itu, untuk mencegah kantung mata, sebaiknya mulai usia 20 tahunan, Anda rutin menggunakan eye cream di sekitar mata untuk menjaga kekenyalan kulit. Ramdoni Wahid

dr. Inneke Halim, SpKK, Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, Alumnus Jose R. Reyes Memorial Medical Center, Manila, Filipina