Cicilia Rosalinda.

Masih Prospektif, Bisnis Properti di Bidang Retail

Fokusbisnis.com, Makassar – Meskipun di Amerika bisnis retail mengalami kemunduran, namun prospek bisnis properti terutama di bidang retail, termasuk mall di kawasan Indonesia Timur dinilai masih prospektif.

“Karakter masyarakat Indonesia yang suka ngumpul untuk networking sambil kuliner bersama keluarga dan kawan-kawan, membuat bisnis retail ini prospektif hingga beberapa tahun ke depan,” kata Direktur Leads Property Cicilia Rosalinda di Makassar, Sabtu (22/4/2017).

Leads Property adalah marketing agent tunggal yang mengelola pemasaran untuk Mall Phinisi Point yang ada di kompleks hotel The Rinra, Makassar (Sulsel). Selain Makassar juga memasarkan mall di Jakarta, Jogja dan Pekanbaru (Riau).

Menurut Cicilia, ada perbedaan yang mendasar antara masyarakat Amerika dan Indonesia. Kalau di Amerika orang-orangnya lebih individual, sedangkan di Indonesia masyarakatnya masih mengedepankan kekeluargaan dan kebersamaan.

“Kehadiran teknologi informasi yang booming dengan online shopping, atau cyber mall, atau digital supermarket telah menghancurkan bisnis retail di Amerika, karena individual rakyat AS lebih senang belanja online,” katanya.

Namun demikian, untuk Indonesia hal ini tidak akan terjadi karena budayanya berbeda. Bisnis retail Indonesia memiliki prospek yang baik untuk beberapa waktu ke depan.

Pengalamannya memasarkan space di berbagai mall bukan perkara yang sulit. Apalagi jika mall yang dipasarkan memiliki tema yang khusus dan segmented.

“Misalnya Mall Phinisi Point Makassar, sampai dengan trial operation kemarin sudah berhasil memasarkan 74 persen. Ini belum soft opening lho, mudah-mudahan secepatnya bisa terisi 90 persen,” kata Cicilia.

Mall Phinisi Point memiliki konsep yang cukup unik yaitu menggabungkan antara Lifestyle, F & B dengan Entertainment yang dilengkapi juga dengan Supermarket, Bioskop dan Playland. Kemudian untuk kulinernya juga pilihan, karena umumnya belum ada di Makassar.

Selain itu, lokasinya juga sangat strategis karena berada di kompleks hotel The Rinra yaitu hotel terbaik dengan panorama pantai Makassar. (vin)