2016-01-24 10.24.21

Komunikasi yang Membangun Persahabatan

Kutipan : Baiklah menahan berkomunikasi, jika masih dalam keadaan marah dan niat yang tidak baik. Gemarlah berkomunikasi jika ada Ide-Ide positif dan membangun persahatan yang abadi.

Etimologi Komunikasi berasal dari kata “Community”. Dalam bahasa Latin Communio. Communio artinya Persekutuan/Silaturahmi. Persekutuan/Silaturahmi artinya kualitas berkomunikasi dalam sebuah komunitas dengan dasar kesucian, cinta kasih dan ketulusan.

Suatu komunitas negara, perusahaan dan institusi lainnya termasuk keluarga akan rapuh dan bahkan bisa pecah jika anggotanya memiliki mental :”saling menyalahkan”; “saling membandingkan dengan maksud merendahkan”; “saling mengkritik dengan cara ngotot dan menjatuhkan” dan “men-tuhan-kan mindset (pola pikirnya)”: ada yang merasa Supermen dan mental-mental yang tidak baik lainnya”.

Sahabat sebangsa dan setanah air apapun profesi, pekerjaan dan posisi dalam suatu komunitas bangun dan perkuatlah 4 (empat) pilar komunikasi yang memperkokoh komunitas dan persahabatan yang abadi sebagai berikut:

Pertama, Hubungan Spiritual Positif. Artinya selalulah bangun hubungan yang intens dengan Tuhan dan dasar berpikir, berbicara serta bertindak digerakkan nilai kerohanian;

Kedua, Hubungan Personal Positif. Artinya selalulah terima diri dengan rasa syukur, positif dan bahagia. Buah dari sikap positif dengan diri sendiri akan membangun hubungan yang suci dan tulus dengan orang lain;

Ketiga, Hubungan Organizational Positif. Artinya bangunlah hubungan baik dengan organisasi dengan memberikan ide-ide positif dan solutif serta memberikan kontribusi berupa prestasi yang terbaik;

Keempat Hubungan Stakeholder Positif. Artinya tetaplah bangun hubungan yang baik dengan pemangku kepentingan institusi. Utama dan pertama hubungan baik dengan Tuhan Yang Maha Pengasih dan lagi Maha Penyayang.

Selanjutnya membangun hubungan baik dengan customer (pelanggan) eksternal dan internal, Owner, lingkungan masyarakat sekitar, negara dan pemangku kepentingan lainnya.

Kesimpulan. Kualitas komunikasi yang tidak baik bisa membuat institusi tidak kokoh, tetapi kualitas kualitas komunikasi yang suci, tulus dan akan memperkokoh Persahabatan yang harmonis dan abadi.

Pesan Revolusi Mental : Mari kita hindarkan dalam institusi kualitas komunikasi yang tidak baik dan kita perkuat kualitas komunikasi yang suci, tulus dan penuh persahabatan.

Oleh : Mr. Spirit Saut Sitompul, CEM. Ethos Master & Motivator Nasional. Partner Motivator pada Media Peluang Group. Penulis Daily Wisdom, Halloapakabar.com.

Kontak Pelatihan Ethos21: 8 Etos Kerja Profesional. Hubungi Media Peluang Group Bp. Augustinus Damat dan Team Marketing. Jl RS Fatmawati No. 200, Jakarta Selatan 12430. Telp. O21-759 095 87. Fax. 021-766 555 2. HP/WA. 0811 841 335. E-mail: agus_damat@yahoo.com.