2016-04-12 13.19.26

Kedaulatan Migas Indonesia, Diproklamasikan Pekan Ini

Fokusbisnis.com, Jakarta – Sejumlah cendikiawan yang didukung oleh segenap elemen bangsa yang ingin memajukan dan memandirikan Migas Indonesia, merencanakan akan memproklamasikan Kedaulatan Migas Indonesia.

“Benar, Minggu ini juga kami akan memproklamasikan Kedaulatan Migas Indonesia,” kata Ketua Presidium DPP Ikatan Cendekiwan Kraton Nusantara (ICKN) Prof. Dr. H. Muhammad Asdar, SE.,M.Si kepada pers di Jakarta,(12/4/2016).

Asdar menjelaskan bahwa kegiatan tersebut digagas dan dilaksanakan oleh Pusat Studi Hukum Ekonomi & Pembangunan Fakultas Hukum, Universitas Hasanudin yang dipimpin oleh Prof. Dr. Juajir Sumardi, SH.MH. dan Ikatan Cendekiwan Kraton Nusantara (ICKN)

Menurut Asdar, Proklamasi Kedaulatan Migas Indonesia ini mengambil tema Gerakan Akademik untuk Pembebasan Penguasaan Hulu Migas dari IOC. Rencananya, akan diadakan pada Jumat, 15 April 2016 bertempat di Pelataran Monumen Proklamasi.

Setidaknya ada dua agenda penting dalam kegiatan tersebut, yaitu Pembacaan Proklamasi Kedaulatan Migas Indonesia, dan Penyampaian pokok-pokok Naskah Akademik dan RUU Migas yg akan diserahkan ke DPR dan Presiden.

Pembahasan revisi UU Migas yang saat ini digodok DPR harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. “Jangan sampai setelah diketok palu nanti, justru memunculkan banyak masalah dan berpotensi memunculkan judicial review,”
kata Profesor Juajir Sumardi, guru besar Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin. (bud)