Ketua Kadin Jawa Timur La Nyala Mattaliti

Kadin Jatim Akan Genjot Perdagangan Antar Pulau

FOKUSBISNIS.COM, JAKARTA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jatim siap mendorong pertumbuhan perekonomian Jatim melalui perdagangan, baik antarpulau maupun internasional. Selama ini ekspor menjadi tumpuan bagi perekonomian Jatim. Untuk itu, Kadin Jatim siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Jatim.

Ketua Kadin Jatim La Nyalla Mahmud Mattalitti beberapa tahun terakhir, perdagangan Jatim selalu membukukan surplus. Misalnya untuk perdagangan antarpulau dengan wilayah di Indonesia Timur juga terus menunjukkan pertumbuhan. Menurut ia, tumbuhnya perdagangan dengan kawsan di Indonesia Timur juga mendorong pemerataan kemajuan.

“Kadin akan melanjutkan program-program yang sudah berjalan. Terutama yang terbukti bisa menopang pertumbuhan perekonomian di Jatim dalam lima tahun ke depan,” tandasnya.

Sejalan dengan program akselerasi perdagangan antarpulau dengan 23 provinsi di Indonesia sejak lima tahun lalu, realisasi perdagangan antarpulau dari Jatim selalu mengalami surplus. Pada 2010 tercatat surplus perdagangan Jawa Timur dengan daerah lain mencapai Rp 21,33 triliun, meningkat menjadi Rp 30,99 triliun pada 2011 dan naik menjadi Rp 62,85 triliun pada 2012. Surplus perdagangan terus tumbuh menjadi Rp 70,41 trilun pada 2013 dan pada 2014 tercatat mencapai Rp 90,329 triliun. (bun)