82Industri

Jokowi Minta Kementerian Perdagangan Siapkan Daya Saing Industri Indonesia

Untuk itu, menurut Thomas Lembong, Presiden Jokowi mempertanyakan padanya kapan Indonesia dapat melakukan free trade agreement atau area peradangan bebas.
“Waktu  sidang kabinet, Beliau datangi saya kapan kita free trade agreement. Menanggapi hal itu, saya sangat serius untuk mengembangkannya. Presiden pun sangat prihatin dengan kondisi seperti ini,” ujar Menteri Perdagangan Thomas Lembong di Kantor BKPM, Jakarta, Jumat (9/10/2015).

Di Asia Tenggara, negara-negara seperti Malaysia Singapura, Vietnam dan Brunei menurut pria yang akrab disapa Tom, mulai meningkatkan industri di masing-masing negara. Namun, sebenarnya, pesaing utama Indonesia secara langsung adalah Vietnam.

Menurutnya, Vietnam sudah merampungkan negosiasi dengan Uni Eropa. Sehingga Vietnam bisa masuk ke pasar Uni Eropa lebih dari pasar Amerika. “Industri Vietnam bisa omzetnya Rp20 triliun USD per tahun. Kita ketinggalan sekali. Ini nyata dan menjadi prihatin serius bagi kita. Untuk meningkatkan ini,” tuturnya.

Posisi perdagangan Indonesia saat ini, kata Tom, berkiblat pada pasar ekspor besar seperti Eropa. Sementara pasar ekspor Eropa, dari 12 negara yang bergabung, Amerika menjadi pemimpin ekspor utama sebesar 40 persen. “Oleh karena itu, Vietnam berkembang dengan pesat, dan menjadi pesaing utama Indonesia,” tambahnya. (ekt)