Presiden Joko Widodo

Jerat Para Koruptor, Jokowi Terbitkan Inpres Pemberantasan Korupsi

Fokusbisnis.com, Jakarta  – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 7 Tahun 2015 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi tahun 2015 yang merupakan pelaksanaan amanat Pasal 3 Perpres Nomor 55 Tahun 2012 tentang Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Jangka Panjang (2012-2025) dan Jangka Menengah.

Dalam inpres ini terdapat 96 butir aksi PPK yang harus dilaksanakan selama tahun 2015. Jokowi menginstruksikan agar aksi-aksi dalam inpres ini dilaksanakan sebaik-baiknya.

“Saya ingin agar aksi-aksi di dalam inpres dilaksanakan sebaik-baiknya jangan hanya formalitas karena janji saya kemarin saya mau datang ke sini kalau ini tidak hanya formalitas tetapi betul-betul ada aksi yang dilaksanakan,” ujar Jokowi di Kantor Bappenas, Jakarta, Selasa (26/5/2015).

Menurut Jokowi dengan membangun sistem yang baik dan efektif dapat mengurangi korupsi dan dapat menciptakan pemerintahan yang bersih. Untuk itu, Jokowi meminta agar  sistem pengawasan elektronik  dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

“Sistem yang baik bisa berupa e-budgeting, e-goverment, e-purchasing, e-catalog, e-audit, pajak online. Menurut saya, ini akan memperkuat sistem dan akuntalilitas kinerja pemerintahan,” lanjut Jokowi

Jokowi menegaskan, dengan sistem ini akan menjadi pagar yang tinggi untuk tindakan korupsi.”Kalau masih ada yang loncat pagar itu penegakan hukum langsung gebuk saja sudah,” tegasnya. (rez)