cabe1

Ini Tudingan Kepada Pemerintah Soal Kenaikan Harga Bahan Pokok

FOKUSBISNIS.COM, JAKARTA – Harga bahan pokok di berbagai daerah terus naik menjelang Ramadan. Pemerintah dinilai tidak belajar dari pengalaman tahun-tahun sebelumnya sehingga tak mampu mencegah lonjakan harga bahan pokok.

Direktur Eksekutif Bimata Politica Indonesia (BPI) Panji Nugraha mengatakan, pemerintah sudah menggelar berbagai upaya dengan menggelar operasi pasar nasional dan mengeluarkan Perpres tentang pengendalian harga bahan pokok. Namun, fakta yang terjadi harga-harga masih melonjak naik di berbagai daerah menjelang ramadan.

“Melonjaknya harga bahan pokok jelang ramadan setelah beberapa waktu sebelumnnya merangkat naik, disebabkan pasifnya sikap Pemerintah dalam mengintervensi dan mengeluarkan regulasi pengendalian harga bahan pokok”, tegas Panji di Jakarta, Rabu (17/6).

Panji lanjut menjelaskan, naiknya harga menjelang Ramadan adalah kewajaran. Namun, lonjakan harga yang saat ini terjadi sudah melampaui batas kewajaran,” Seharusnya pemerintah Jokowi jauh-jauh hari segera mengeluarkan regulasi bersifat tetap dan mengintervensi pasar agar tidak terjadi lonjakan harga oleh para spekulan pasar, jika tidak mampu mengendalikan pasar berarti negara gagal untuk mensejahtaerakan rakyat ”. tutup Panji. (pan)