Cara Kelola Uang Gaji Agar Tidak Habis di Akhir Bulan

Cara Kelola Uang Gaji Agar Tidak Habis di Akhir Bulan

Fokusbisnis.com, Cara kelola uang gaji bisa jadi hal yang susah-susah gampang. Gampang karena sebenarnya bergantung pada diri kamu sendiri apakah bisa menahan diri terhadap berbagai godaan atau tidak. Bisa jadi sulit kalau kamu selalu berpikir “ada gaji bulan depan” sehingga kamu dengan kalap menggunakan uang gaji yang kamu terima.

Iya, uang dapat diibaratkan sebagai gas. Hilang dengan sangat cepat dan bahkan tidak terasa. Kondisi tentu berbahaya karena setiap akhir bulan uang kamu habis tak bersisa! Jadi, kapan menabungnya? Masih untung kalau hanya tidak bisa menabung, kalau menumpuk pinjaman uang lagi, bagaimana?

Tips dan Cara Kelola Uang Gaji

  1. Buat anggaran pengeluaran per jam

Kebanyakan orang sepele terhadap pengeluaran-pengeluaran kecil yang jadi kebiasaan. Sebagai contoh, kamu mungkin beli kopi, gorengan ataupun jus setiap pagi. Hal ini tentu jadi kebiasaan yang sulit untuk diubah. Namun sadar tidak sadar kebiasaan ini menguras gaji kamu secara perlahan namun pasti. Nah, kalau kamu ingin berhemat maka cobalah untuk ubah kebiasaan ini. Catat pengeluaran per jam dan sebisa mungkin tahan diri untuk tidak membeli.

  1. Tukar waktu santai dengan lembur

Jika Bos menawarkan untuk lembur (apalagi jika ada insentif) maka ambillah. Ketimbang kamu sekadar santai menonton televisi, tentu akan lebih baik untuk bekerja dan menghasilkan uang. Ingat saja bahwa waktu santai itu artinya kamu kehilangan uang.

  1. Menikmati hidup namun tidak bablas

Tidak salah untuk menikmati hidup dan menikmati hasil jerih payah namun kamu hendaknya bisa mengerem diri juga agar tidak bablas. Sebagai contoh kamu suka nongkrong di kedai kopi dan menghabiskan sekitar 25 ribu sampai 50 ribu membeli kopi di situ. Kebiasaan ini jika kamu lakukan setiap hari ya tentu saja gaji akan habis.

Kamu tidak harus menghentikan kebiasaan tersebut tetapi cukup menguranginya. Cukup sekitar sekali seminggu saja. Lumayan, kan, uang yang seharusnya untuk sekadar nongkrong saja bisa kamu simpan.

Begitu juga untuk hal-hal lainnya yang mungkin menyangkut memori. Tidak salah kok untuk menikmati uang gaji kamu untuk makan malam romantis bersama pasangan. Tetapi tentu saja jika hal tersebut memberi makna dalam kehidupan kamu.

  1. Terima uang dan bukannya menyimpan uang

Kembali ke soal pengeluaran kecil seperti membeli gorengan ataupun jus, jika kamu berhasil menghentikannya maka anggap uang yang kamu sisihkan itu sebagai uang yang diterima bukannya disimpan. Dengan mindset seperti ini, kamu bakal lebih menghargai lagi uang tersebut. Ini karena uang tersebut seperti “gaji” tambahan sebagai reward karena kamu sudah bisa menghentikan berbagai kebiasaan yang tidak begitu diperlukan.

Jadi, bagaimana? Sulitkah untuk menerapkan cara kelola uang gaji ini? Memang kamu bisa mengandalkan pinjaman seperti pinjaman uang tanpa syarat untuk memenuhi beragam kebutuhan di saat kamu tidak punya uang, namun menumpuk utang juga tidak baik kan? Apalagi kalau alasannya tidak punya uang.