Taiwan Excellence 2017.

Berbagai Produk Luar, Hadir di Taiwan Excellence 2017

Halloapakabar.com, Jakarta – Setelah sukses menggelar di tahun 2016 lalu, Taiwan External Trade Development Council (TAITRA) kembali menyelenggarakan kampanye Taiwan Excellence di tahun 2017 ini, dengan mempromosikan produk-produk unggulan mereka, yang beberapa diantaranya sudah dikenal dunia.

Chairman of The Taiwan External Trade Development Council (TAITRA), James C.F Huang mengatakan bahwa saat ini Asia Tenggara sedang mengalami percepatan ekonomi. Bertambahnya tingkat konsumsi kelas menengah, serta kepemilikan pasar domestik yang sangat besar, menjadikan kawasan ini diperhitungkan pasar internasional.

“Kegiatan ini dilaksanakan di Indonesia, selain sebagai ekonomi terbesar di Asia tenggara, ini juga sejalan dengan kebijakan Taiwan, yaitu ‘Menuju Ke Selatan’ (New Southbound Policy), guna meningkatkan citra produk-produk dari Taiwan,” kata James dalam keterangan persnya di Jakarta.

Pembukaan kampanye Taiwan Excellence 2017 itu sendiri telah dilakukan pada Jumat (03/03/2017) bertempat di Hotel Pullman, Central Park, Jakarta Barat. Pembukaan itu katanya juga sekaligus menandai dimulainya serangkaian kegiatan promosi Taiwan Excellence di negara-negara Asia Tenggara.

“Selain Indonesia, juga di Vietnam, Filipina, Malaysia, hingga Thailand. Indonesia merupakan partner bisnis yang paling penting bagi Taiwan di kawasan Asia Tenggara, karena memiliki basis sumber daya alam yang sangat besar dan beragam dengan pertumbuhan ekonomi yang kuat,” ujarnya.

Taiwan, tambah James, sangat terkenal dengan produk-produk ICT (Information and Communication Technologies), serta teknologi agriculture dan aquaculture. Mereka katanya memang sengaja datang ke Indonesia untuk mengembangkan partnership atau kerjasama, dengan pengusaha-pengusaha di tanah air.

“Di luar bidang-bidang tersebut, Taiwan juga terbuka untuk menjalin kerjasama bisnis dengan pengusaha Indonesia di bidang lain seperti dagang, investasi dan pendidikan. Aktivitas promosi Taiwan Excellence merupakan strategi kami untuk mendekatkan kerjasama kedua negara,” tutur James.

Batik dan Brand Ambassador

Hal terbaru yang dilakukan dalam kampanye Taiwan Excellence di tahun 2017 ini, Taiwan menggandeng salah satu desainer ternama Indonesia, Ivan Gunawan, untuk membuat batik yang memadukan identitas kebudayaan dari dua negara.

Melalui upaya tersebut Taiwan tidak ingin kerjasama negaranya dengan Indonesia hanya semata untuk memperkenalkan produk. Akan tetapi Taiwan katanya juga ingin mengenalkan berbagai aspek, seperti tourism atau pariwisata misalnya.

“Mereka ingin corak budaya busana mereka ditampilkan dalam bentuk batik, karena mereka ternyata suka dengan batik yang merupakan budaya Indonesia,” jelas Igun usai peragaan busana desainnya di sela pameran Taiwan Excellence di Jakarta.

Selain dengan batik, TAITRA pun juga menggandeng presenter, bintang iklan, yang juga merupakan artis Indonesia, Yuanita Christiani yang didaulat sebagai Brand Ambassador Taiwan Excellence 2017. Melalui segala upaya tersebut, mereka berharap produk-produk Taiwan dapat lebih diterima oleh masyarakat Indonesia. (gus/hlb)